PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Penyakit Pada Ikan Patin Dan Cara Mengobatinya

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Tuesday, February 11, 2014 0 comments



Penyakit pada ikan patin



Kendala terbesar untuk para mebudidaya patin adalah bibit atau benih yang dipelihara terserang penyakit, ada beberapa penyakit yang ganas ataupun tidak ganas yang menurut pengalaman saya masih dapat disembuhkan, walaupun saya tidak dapat menjamin ikan dapat sembuh dan terselamatkan, tapi menurut pengalaman saya cara ini lumayan efektif dalam mengobati penyakit yang menyerang benih atau bibit ikan patin. Dibawah ini adalah beberapa contoh penyakit yang sering dialami oleh para pembudidaya.


1. Penyakit Jamur

Ada berbagai macam-macam jenis penyakit yang dapat menjangkit pada benih ikan patin ini. Salah satunya yang akan kita bahas  kali ini cara pengobatan pada benih ikan patin, “biasa orang menyebutnya”  terkena karat atau bagian tubuh seperti ada jamur yang berwarna putih atau putih kecoklat-coklatan dibagian tubuh. 
Penyebab utama pada penyakit ini biasanya, karena air kolam terlalu keruh atau kolam terlalu banyak terkontaminasi air hujan.

Efek samping dari penyakit ini biasanya nafsu makan berkuarang, ikan kurus, berenangnya tidak gesit, ada juga beberapa yang main dipermukaan.

Cara pengobatannya cukup mudah, langkah pertama yang kita ambil adalah
  1. Siap kan obat PEKA. Ukuran kecil (5gram)  Bisa dibeli di apotik.
  2. Siapkan wadah untuk melarutkan, isi dengan 5 liter air (bak  atau baskom besar).
  3. Siapkan tempat penampungan ikan (air bersih dan PH minimal 7.0).
  4. Larutkan obat PEKA kewadah yang sudah disiapkan.
  5. Serok ikan menggunakan serokan kecil, lalu celupkan sedikit demi sedikit ikan kedalam larutan PEKA beserta serokannya. Selama kurang lebih 40 detik.
  6. Lalu letakkan ikan yang sudah dicelupkan kedalam tempat penampungan ikan yang sudah disiapkan.
  7. Tunggu hasil dari reaksi tersebut, biasanya akan terlihat 1 hari kemudian. Apabila tidak bereaksi, ulangi lagi cara yang sudah dijelaskan tersebut hingga ikan kelihatan bereaksi.

Cara pengobatan ini berdasarkan pengalaman yang sudah pernah terjadi. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang dimengerti mohon dimaafkan. Sekian tips dari saya, mudah-mudahan bisa berguna bagi pembaca.




2. Penyakit Aeromonas (Anus dan Sirip merah)

Penyakit ini adalah penyakit yang paling sering terjangkit pada benih ikan patin dari ukuran 1 inci sampai 4inci, karena ttidak menutup kemungkinan terjadi pada ikan patin ukuran 5inci lebih. Dan paling tinggi tingkat kematiannya. Penyakit ini biasanya terjadi pada pelaku usaha pendederan benih ikan patin pada media kolam beton atau kolam terpal, karena kurangnya perhatian pelaku usaha terhadap kondisi air. Ciri-ciri yang terlihat adalah anus ikan berwarna merah, ikan berenang  menjauh dari kawanan, dan berenang dipermukaan.

Penyebab utama penyakit anus merah pada benih ikan patin adalah kondisi air yang buruk, penumpukan amoniak atau sisa kotoran yang tidak terbuang dan mengendap di dasar kolam dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada ikan patin, hal ini yang menyebabkan benih ikan patin menjadi terjangkit penyakit anus merah.

Efek samping dari penyakit anus merah biasanya nafsu makan berkurang dan ikan menjadi tidak gesit.

Untuk cara pengobatannya, ada 2 cara yang pertama pelarutan obat dalam air dan yang ke dua pelarutan obat ke dalam pakan :


A. Pelarutan obat dalam air 
  1. Siapkan serbuk obat TETRA 1ons, bisa dibeli di toko alat-alat ikan.
  2. Siapkan tempat penampungan ikan (air bersih, diberi aerasi dan PH minimal 7.0).
  3. Lalu larutkan obat tetra ke dalam tempat penampungan. (untuk 4 kubik air dibutuhkan kurang lebih 2 sendok makan serbuk TETRA).
  4. Serok benih ikan patin yang terjangkit anus merah ke dalam tempat penampungan.
  5. Diamkan ikan di tempat penampungan, Beri makan hanya 1 kali dalam sehari dan jangan terlalu banyak.
  6. Tunggu reaksi ikan beberapa hari kemudian, yang tidak kuat akan mati, dan yang masih bias tertolong akan hidup.
  7. Jika ikan sudah terlihat perubahan, silahkan letakkan lagi dikolam semula.
B. Pelarutan obat ke dalam pakan
  1. Siapkan serbuk obat TETRA 1ons, bisa dibeli di toko alat-alat ikan.
  2. Siapkan wadah baskom dan air secukupnya
  3. Dosis pelarutan ke dalam makan adalah 1 sendok makan serbuk TETRA kedalam 1KG pakan.
  4. Larutkan serbuk ke dalam baskom yang sudah terisi air, aduk hingga rata, sehingga setiap molekul air terdapat kandungan obat TETRA.
  5. Tuangkan pakan kedalam baskom, aduk hingga rata sehingga setiap butir pakan menyerap air yang sudah terdapat kandungan obat TETRA.
  6. Siap diberikan pada ikan yang terjangkit penyakit Anus Merah.


3. Penyakit White Spot 

Penyakit banyak kita jumpai pada benih ikan, yang disebabkan karena air yang terlalu dingin dan kemasukan air hujan terlalu banyak, sehingga ikan terjangkit parasit protozoa. biasanya dalam tubuh bagian luar ikan terdapat banyak  bintik putih.. 

efek samping yang disebabkan biasanya ikan akan kurang nafsu makan,, pertumbuhan sedikit agak lambat..

cara mengatasinya cukup memberikan garam pada media air yang ditempati ikan, lebih bagus lagi diganti air dengan yang bersih.. agar masa pengobatan lebih maksimal..
dosis garam, 200gram garam 1 meter kubik air. jika ada peningkatan, ganti air dengan air yang bersih lagi.. cukup 50gram garam untuk 1 meter kubik air.

Cara pengobatan ini berdasarkan pengalaman yang sudah pernah terjadi. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang dimengerti mohon dimaafkan. Sekian tips dari saya, mudah-mudahan bisa berguna bagi pembaca.






sumber ; pengalaman Pufan Patin Cilangkap 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penyakit Pada Ikan Patin Dan Cara Mengobatinya
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2014/02/macam-macam-penyakit-ikan-patin-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.