PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Ikan Pemijat, Pembasmi nyamuk, dan pembersih

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Monday, February 29, 2016 0 comments
Garra rufa
Selain dinikmati keindahan tubuhnya, ikan hias juga memiliki manfaat lain. Misalnya Garra rufa. Ikan asal Timur Tengah ini ternyata mahir memijat. Ikan ini mampu menyedot lapisan terluar kulit mati kita. Sehingga kulit tampil lebih fresh dan kinclong.

Sementara kelompok ikan guppy siap membantu menjaga lingkungan rumah tetap bersih dan terbebas dari nyamuk. Karena ikan guppy bisa digunakan sebagai pemakan jentik nyamuk. Ikan bernama keren Poecilia Reticulata ini telah dipergunakan sebagai pengontrol populasi nyamuk, sejak tahun 1990-an. Guppy cukup bandel hingga bisa bertahan hidup disungai tercemar sekalipun atau bahkan didalam tangki pembuangan kotoran.


Begitu juga Black Molly (Poecilia Sphenops) siap menggayang larva nyamuk. Kemampuan hidup ikan berkelir hitam pekat disekujur tubuhnya ini memang luar biasa. Ia mampu hidup diperairan payau hingga air tawar ber-pH 7,5-8,5. Ikan ini doyan melahap segala jenis pakan. Pelet, alga, dedaunan, serangga air, dan larva nyamuk. Bagi penyuka tanaman air didalam tempayan, tak perlu ragu memasukkan ikan penyanyap nyamuk ini kedalam tempayan itu.

Santap Kutu
Ada juga jenis ikan yang bermanfaat bagi ikan lain. Contohnya, tiger barb yang memiliki warna tubuh unik. Ikan ini, bisa dibiarkan hidup didalam kolam koi, karena ikan ini bisa memakan kutu argulus dan kutu jarum yang menempel pada tubuh koi.

Ikan dari golongan Tiger Barb ini sebaiknya tak disatukan dengan ikan "berdasi" seperti Manvis dan Anglefish. Pasalnya, sirip panjang yang mirip dasi tersebut bakal jadi santapan Tiger Barb. Sehingga bisa dipastikan "dasi" itu bakal compang camping. Alhasil tampilannya menjadi kurang elok.

Selain ikan pemijat, pembasmi nyamuk, pembersih kutu, masih ada lagi ikan penjaga kebersihan akuarium dan aquascape. Mereka bertugas menyapu semua alga yang mengotori tampilan akuarium dan aquascape. Diantaranya Pleco alias ikan Sapu-sapu. Pilihan beragam. Ada jenis Zebra, Yellow, Polkadot, dan King Tiget.

Ada juga ikan pambersih dari keluarga besar Otocinclus. Golongan ikan sangat efektif membersihkan fuzz algae alias lumut bulu. Biasanya tanaman penggangu ini hidup pada bagian permukaan daun tanaman air. Bila dibiarkan, lumut dikhawatirkan bakal menganggu proses fotosintesa tanaman aquascape.
Banyak sekali jenis Otocinclus yang bisa dipelihara dalam aquascape. Ada jenis Otocinclus "zebra", Otocinclus "britskii zebra", otocinclus maculicauda "tiger", dan otocinclus afinis. Karena ukuran tubuhnya terbilang mungil ( tak lebih dari jari kelingking anak kecil). Sebaiknya ikan ini dipelihara lebih dari satu ekor. Sehingga proses pembersihan lumut bisa berjalan efektif.

Guppy

Otocinclus afinis

Black molly

Tiger barb





Sumber : Tabloid Flora


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ikan Pemijat, Pembasmi nyamuk, dan pembersih
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2016/02/ikan-pemijat-pembasmi-nyamuk-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.