PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Makanan Khas Kota Palembang, Tempoyak Ikan Patin

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Tuesday, February 23, 2016 0 comments
Palembang tidak hanya dikenal dengan Pempeknya saja. Namun kota ini juga memiliki beragam kuliner unik dan menarik. Bagi pecinta kuliner, jalan jalan ke palembang belum lengkap rasanya bila belum merasakan tempoyak ikan patin. Makanan yang memang menarik perhatian para pecinta kuliner, karena bahan dasarnya yang terbuat dari buah durian, buah yang dianggap sebagai raja nya buah. Selama ini orang hanya mengenal durian untuk bahan es krim durian, sop durian, cendol durian dan dodol durian.

Namun durian juga bisa dibuat sayur yang lezat. Salah satunya adalah makanan khas kota Palembang. Berbicara soal tempoyak ikan patin, rasanya tak kalah dengan gulai ayam dan kari kambing atau sapi. Hanya saja bahan dasarnya yang terbuat dari hasil fermentasi durian. Agar menghasilkan rasa asam dan aroma yang sangat lezat dan nikmat, proses fermentasi selama tiga hingga enam hari. Akan lebih lezat lagi jika bahan dasar yang digunakan adalah bahan daging durian lokal yang bermutu dan berkualitas baik.

Tempoyak ikan patin lebih lengkap rasanya jika dipadukan dengan nasi putih panas yang dicampur dengan acar bawang merah, wortel dan timun  yang diris tipis. Bagi yang suka pedas, bisa ditambahkan ulekan cabai kedalam masakan. Karena menurut pendapat beberapa masyarakat tempoyak ikan patin ini lebih nikmat dengan rasa pedas asam. Karena rasanya yang khas dan lezat, tempoyak ikan patin dapat membuat makan siang nikmat dan bersemangat. Sebagian besar masyarakat palembang menjadikan hidangan yang wajib ada disetiap menu sehari-hari.

Tempoyak ikan patin sudah menjadi makanan yang umum di daerah sumatera, seperti Jambi, Lampung, Lampung, dan khususnya Palembang. Tempoyak ikan patin dijual tersebar di berbagai tempat di kota Palembang rata-rata harga per porsinya dijual seharga Rp 14.000,- hingga Rp 20.000,-.
Menurut pendapat beberapa masyarakat di kota palembang, ada dua tempat makan yang cukup terkenal menjual tempoyak ikan patin yaitu Resto Pindang Maranjat Ibu Nida dan Rumah Makan Pindang Musi Rawas.

Bagi yang sedang sedang berlibur ke kota Palembang jangan sampe lupa menyicipi makanan khas kota Palembang yang khas dan lezat ini ya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Makanan Khas Kota Palembang, Tempoyak Ikan Patin
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2016/02/makanan-khas-kota-palembang-tempoyak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.