PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Peran Penting Ikan Patin

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Tuesday, February 23, 2016 0 comments
Panen Konsumsi
Seiring dengan perkembangan waktu yang ada, masyarakat memilih untuk membiasakan hidup sehat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ikan. Karena ikan mengandung asam amino esensial, asam lemak (omega 3, omega 6 dan omega 9) serta rendah karbohidrat. keunggulan ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan  mudah untuk dicerna, oleh karena itu ikan dipilih sebagai salah satu komoditas ketahan pangan bagi masyarakat indonesia.

Salah satu jenis ikan yang diunggulkan oleh kementrian perikanan dan kelautan untuk ketahan pangan dan peningkatan produksi adalah ikan patin. Budidaya ikan patin sudah menyebar di berbagai wilayah indonesia, saat ini pulau jawa (jabodetabek, subang, sukabumi, malang, yogjakarta, dll)
menjadi salah satu produsen benih ikan patin terbesar di Indonesia, disusul dengan beberapa daerah diberbagai pulau di Indonesia. Tetapi untuk konsumsi terbesar, pulau Sumatera (Palembang, Lampung, Jambi, Riau, Padang, Medan) dan Kalimantan (Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Balikpapan, Palangkaraya, Sampit, Tarakan) saat ini masih menjadi primadona dalam pendistribusian benih ikan patin. Kegiatan dan produksi benih ikan patin makin tahun makin bertambah pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat dan program pemerintah yang menjadikan ikan patin untuk ketahanan pangan indonesia. 

Industri yang potensial menjadikan ikan benih ikan patin banyak diminati tidak hanya dipulau Sumatera dan Kalimantan, Tetapi perlahan ikan patin mulai dikenal dan diminati oleh penduduk jawa khususnya di Jakarta, semakin menjamurnya restoran ikan patin dijakarta saat ini, menjadikan ikan patin makin familiar dan dikenal oleh masyarakat Jakarta. salah satunya adalah fillet ikan patin.

Ikan patin fillet (dory fillet)
Fillet ikan patin merupakan produk ikan patin yang bebas dari duri, kulit dan lainnya yang tidak diinginkan. Ikan patin fillet sangat mudah diolah untuk berbagai menu makanan harian. Selain itu nilai gizi yang tinggi menjadikan fillet ikan patin makin disukai masyarakat. Fillet ikan patin kini banyak dijumpai di pasar swalayan atau supermarket (dory fillet, pangasius fillet, patin fillet).
Saat ini fillet ikan patin kebanyakan masih diimpor oleh Vietnam karena belum banyak industri perikanan yang mengolah fillet ikan patin. Selain itu biaya produksi yang tinggi, karena hanya sekitar 40% dari total berat ikan patin yang bisa dijadikan fillet menjadikan industri fillet patin masih kalah  bersaing dengan Vietnam, Namun dengan adanya pembatasan impor fillet ikan patin dari luar negeri khususnya Vietnam, kini industri pengolahan fillet ikan patin menjadi bisnis yang menggiurkan karena memperoleh keuntungan yang cukup besar.





sumber : wikipedia, Pufan patin cilangkap

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Peran Penting Ikan Patin
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://www.pufanpatincilangkap.com/2016/02/peran-penting-ikan-patin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.