PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Analisis SWOT Dalam Kewirausahaan

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Wednesday, March 16, 2016 0 comments

Analisis SWOT Dalam Kewirausahaan






Analisis SWOT

Adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Thereats dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis.
  1. Strenght : artinya kekuatan. Pada poin ini kita harus memperhitungkan kekuatan dalam memulai usaha. Kekuatan yang paling mendasar adalah motivasi, modal, dan perencannan yang matang. Kekuatan lain yang bisa dibanggakan harus ada. Seperti service atau pelayanan, atau produk yang diproduksi lebih baik dari pada yang lain, atau kemudahan jangkauan tempat kita membuka usaha. Nah faktor tersebut merupakan daya kekuatan atau daya keunggulan kita dibandingkan yang lain.
  2. Weaknesses: artinya kelemahan. Pada poin ini, kita harus memperhitungkan kelemahan usaha, produk, atau sumber produksi kita. Maksud kelemahan disini adalah kelemahan yang bisa menjadi kekuatan. Jika tau kelemahannya, maka otomatis kita akan tau bagaimana cara menutupi kelemahannya, untuk kemudian diperbaiki. 
  3. Opportunities: artinya peluang atau kesempatan. Memanfaatkan peluang yang ada, lebih baik dari pada menunggu menjadi mapan. Karena peluang adalah kesempatan untuk bertanggung jawab penuh dalam setiap apapun yang dilakukan. Dalam memulai usaha, peluang harus diperhitungkan secara matang. Jika kita tau kekuatan finansial, kelemahan, maka beralihlah kepada peluang. Peluang berada dicelah mana, atau dalam hal apa. Misalnya, anda akan memproduksi segala macam jenis ikan, namun peluang besarnya untuk mendapatkan keuntungan adalah ikan patin, maka ikan patin ini lah yang harus anda perkuat produksinya. Tentunya sebelum mengetahui peluang dalam memproduksi ikan patin, kita harus tau kekuatan dan kelemahannya dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. 
  4. Threats: artinya adalah ancaman, ancaman disini maksudnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan masalah luar dan dalam. Masalah luar adalah pesaing, lingkungan tempat berbisnis, atau barangkali tagihan yang semakin membengkak. Sementara ancaman dari dalam adalah diri sendiri, pekerja atau keluarga. Dengan catatan, ancaman disini bukanlah mengancam hidup, akan tetapi ancaman yang menggerogoti kelancaran usaha. Dengan demikian jika ingin sukses, kelemahan dan ancaman merupakan 2 hal yang harus diantisipasi, namun bukan berarti harus menjadi oran pelit dan serba hitungan. Bukan begitu maksudnya. Ancaman dan kelemahan seharusnya menjadi pemiju untuk menjadi lebih baik.
Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT. Proses ini melibatkan penentu tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi ke empat faktornya, kemudian menerapkan dalam gambar matrik SWOT. Analisis SWOT dapat menghasilkan beberapa alternatif strategi. Alternatif strategi tersebut diperoleh dari hasil gabungan beberapa faktor. Strategi yang diterapkan jika usaha kita memiliki kekuatan dan kesempatan (SO) adalah strategi agresif. Strategi yang dapat dimanfaatkan pada saat usaha kita memiliki kekuatan mamun memiliki ancaman (ST) adalah diservikasi. Kita juga dapat menerapkan strategi Stabilitas jika usaha kita memiliki kelemahan namun masih terdapat peluang atau kesempatan (WO). Strategi yang dapat kita terapkan dalam analisa SWOT adalah strategi difensif. Strategi ini diterapkan pada saat kita memiliki kelemahan dan ancaman (TW)

Diagram Matrik SWOT




sumber: Wikipedia, Pufan Patin Cilangkap




BACA JUGA ARTIKEL INI

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Analisis SWOT Dalam Kewirausahaan
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2016/03/analisis-swot-dalam-kewirausahaan_55.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.