PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Budidaya Cacing Sutra (Tubifex sp)

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Thursday, March 17, 2016 0 comments

Budidaya Cacing Sutra (Tubifex sp)


Cacing sutra dikenal sejak lama sebagai pakan hidup maupun pakan avertebrata untuk ikan hias dan benih-benih ikan air tawar lainnya. Ketersediaanya menjadi semakin penting mengingat jenis ini belum dapat disubstitusi menggunakan pakan lain terutama untuk benih ikan patin, lele dan gurame. Walaupun sekarang banyak muncul pakan buatan pabrik yang beraneka ragam, tetap belum ada yang bisa menandingi cacing sutera. Dibeberapa daerah dipulau jawa, cacing ini cukup mudah ditemukan disaluran air yang kaya akan bahan organik limbah domestik. Namun demikian ketersediaanya tidak dapat terjamin sepanjang tahun karena cuaca/musim. Penerapan teknik budidaya secera terkendali memungkinkan penyediaan cacing untuk benih dapat berkelanjutan, terlebih lagi untuk daerah-daerah yang tidak memiliki sumber cacing alami. Pengalaman produksi cacaing sutera di BBAT Tatelu merupakan salah satu contoh sukses yang perlu didiseminasikan kepada masyarakat luas.


PENERAPAN SISTEM BUDIDAYA

Budidaya cacing sutra di BBAT Tatelu dilaksanakan dengan penumbuhan biomassa cacing dalam substrat media tumbuh yang dilengkapi dengan sistem air mengalir. Stock awal (starter) dikultur dalam substrat dan diberi perlakuan air mengalir dan pemberian pakan atau bahan pengkaya subsrat secara berkala. Adapun sarana wadah yang digunakan adalah bak semen 3x1,2 m2 dengan outlet overflow untuk menjaga kedalaman air 5-10cm.

Komposisi Sustrat media kultur :
  • Lumpur 87,8% volume
  • Pupuk organik 5,56% volume 
  • Dedak halus 5,56% volume
  • Tepung ikan/peller sekitar 2kg per bak


PERSIAPAN MEDIA KULTUR

Bahan penyusun substrat yang telah tersedia sesuai jenis dan proporsi dicampur dalam bak dan diratakan dengan papan pengaduk, kemudian diisi air hingga 4-7cm diatas permukan substrat dan dibiarkan selama 4x24 jam. Terdekomposisi tidaknya bahan-bahan dalam substrat dapat dikenali dari warna dan bau.


PENEBARAN BIBIT

Setelah media cukup terdekomposisi selanjutnya cacing bibit (starter) siap ditebar. Starter ditebar sebanyak 400gr ditebar merata keseluruh permukaan substrat yang sebelumnya dibuyarkan apabila koloni cacing menggumpal. Cacing sutera yang baik untuk starter mempunya ciri sebagai berikut:
  • Secara visual berwarna merah kecoklatan, dengan panjang kurang lebih 2cm
  • Mempunya respon yang tinggi untuk menggumpal
  • Koloni menggumpal bila diletakkan dalam air tanpa substrat.


PENGELOLAAN DALAM PEMELIHARAAN

Dalam masa pemeliharaan yang perlu diperhatikan adalah sirkulasi air dan pengolaan pakan. Air media harus terjaga sirkulasinya dengan debit sekitar 200ml/menit dengan laju pergantian air 114%volume per hari.
Pakan cacing (pellet) mulai diberikan satu minggu setelah penebaran starter, yaitu saat pakan dalam substrat sudah tidak mencukupi lagi. Cacing mulai kelihatan muncul dari permukaan substrat. Adapun pakan yang diberikan adalah 
  • Pellet ikan tanpa pengawet 4kg/bak/3hari.
  • Ampas tahu basah 8kg/bak/2hari.


PANEN

Pemanenan dilakukan dengan 2 cara yaitu panen selektif dan panen total. panen selektif dilakukan setiap 3 hari sekali. Dimana panen ini dilakukan pada bagian-bagian tertentu yang menggumpal pada permukan substrat. Dan panen total biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali, ini dilakukan pada saat kondisi substrat tidak memungkinkan untuk tumbuh baik cacing yang dikultur, yang ditandai dengan kurangnya gumpalan cacing dipermukaan substrat. Sehingga substrat harus diangkat dan dipersiapkan yang baru sesuai komposisi.
Adapun teknik panen cacing sutera ini adalah sebagai berikut: 
Permukaan substrat yang dipenuhi cacing tampak berwarna merah maroon. Biomassa ini dipanen secara manual dengan tangan, kemudian  ditampung dalam baskom dan ember. Hasil panen yang masih tercampur lumpur media dibersihkan secara bertahap yaitu:
  1. Pembilasan menggunakan seser. Hasil panen ditiriskan dalam seser halus kemudian disiram beberapa kali sehingga sebagian substratnya lepas.
  2. Pemisahan cacing dari kotoran menggunakan kain strimin. Hasil panen yang ditampung dalam kotak khusus diselimuti dengan kain strimin dengan mes 0,5mm. Kemudian ditutup dengan penutup kedap cahaya agar kondisi dalam kotak menjadi gelap. Perlakukan ini berlangsung 2-3 jam hingga semua cacing dalam substrat memisahkan diri kepermukaan kain strimin. Jumlah panen yang bisa dihasilkan setiap bak rata-rata 500gr/3hari.


KENDALA BUDIDAYA

Ada beberapa kendala dalam budidaya cacing sutra (tubifex sp) diantaran adalah:
  1. Suksesi ukuran cacing sutera dari ukuan kecil menjadi ukuran besar yang mengaruskan penggantian bibit secara total.
  2. Adanya serangan hama kompetitor larva Cyronomus (blood warm) dan keong (Gastropoda). Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dilakukan pembersihan secara manual.


PROSPEK PENGEMBANGAN

Untuk memenuhi kebutuhan cacing dalam pengembangan ikan hias tersedia peluang usaha secara komersial yang cukup menguntungkan dengan analisa biaya selama satu siklus (tiga bulan) sebagai berikut:
Biaya produksi:

  1. Starter cacing sutera 2,4kg @Rp.100.000,- = Rp. 240.000,-
  2. Pakan pelet 720kg @Rp.5.000,- = Rp. 3.600.000,-
  3. Ampas tahu 2160kg @Rp. 400,- = Rp. 864.000,-
  4. Pupuk organin 120kg @Rp. 700,- = Rp. 84.000,-
  5. Dedak halus 120kg @Rp. 1.000,- = Rp. 120.000,-
Penjualan cacing sutera selama 3 bulan sebanyak 90kg
dengan harga @Rp. 100.000/kg = Rp. 9.000.000

Keuntungan yang diperoleh
Rp. 9.000.000 - Rp. 4.908.000,- = Rp. 4.092.000,-

Budidaya cacing sutera untuk usaha skala rumah tangga mudah dilaksanakan karena tidak membutuhkan areal yang luas asalkan ada sumber air mengalir. Sehingga bisa diterapkan oleh anggota Rumah Tangga.




Sumber : Kementerian Kelautan Dan Perikanan









BACA JUGA ARTIKEL INI

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Budidaya Cacing Sutra (Tubifex sp)
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2016/03/budidaya-cacing-sutera-tubifex-sp.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.