PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Proses Sortir Ikan Patin

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Monday, March 21, 2016 0 comments
Proses Sortir Ikan Patin

Proses sortir adalah salah satu proses pemisahan benih patin sesuai ukuran yang diinginkan. Hal ini adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh para pembudidaya ikan patin, namun masih banyak para pembudidaya yang melakukan kesalahan yang menyebabkan lendir pada ikan patin keluar terlalu banyak sehingga ikan menjadi lecet dan setres. Proses sortir ini sering kali menjadi penghalang para pembudidaya ikan patin pada saat panen, karena kesalahan proses sortir menyebabkan kematian pada ikan, sehingga ikan tidak bisa dipanen. Untuk melakukan hal ini butuh beberapa proses penting yang harus dilakukan, dan untuk melakukannya sekarang banyak tersedia bak sortir berbagai macam ukuran yang tersedia dipasaran.


Berikut ini adalah bagaimana cara yang baik dan benar dalam proses sortir ikan menurut Pufan Patin Cilangkap:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah proses pemuasaan ikan, gunanya adalah agar pada saat sortir ikan tidak muntah, sehingga tidak menimbulkan banyak sisa amoniak di dalam wadah sortir. jika hal ini tidak dilakukan maka bisa menyebabkan ikan menjadi keracunan amoniak.

Pemuasaan ikan

  • Lalu dilanjutkan dengan menyerok ikan kedalam wadah bak atau baskom dengan hati-hati dan pelan-pelan, agar lendir ikan tidak banyak keluar dan ikan tidak lecet. 
Wadah baskom



  • Setelah itu tuangkan ikan yang ada dibaskom tadi kedalam bak sortir yang sudah diletakkan dikolam penampungan sortir, biarkan ikan beradaptasi dahulu. 
Proses adaptasi di bak sortir 



  • Setelah ikan beradaptasi pada air di bak sortir, angkat bak sortir secara perlahan lalu turunkan lagi, berulang-ulang secara perlahan, sehingga ikan yang tidak masuk dalam ukuran bak sortir akan masuk kedalam lubang bak sortir. Proses ini adalah yang paling rentan, karena badan ikan bergesakan langsung dengan bak sortir dan badan ikan lainnya, kehati-hatian dalam proses ini menentukan banyak atau tidaknya tingkat kematian ikan setelah proses sortir.
Proses ayak di bak sortir


  • Setelah itu tuangkan hasil sortir kedalam kolam penampungan ikan, tunggu satu malam sampai kondisi ikan semakin fit. Lalu ikan siap dipacking untuk pengiriman keseluruh pulau di Indonesia.
Kolam Penampungan ikan

Ikan berenang gesit dan tidak ada yang berenang dipermukaan menadakan ikan sangat sehat 



Proses yang kami lakukan ini memang memakan banyak waktu dan tenaga dibandingkan dengan proses sortir yang dilakukan farm lain, tetapi demi menjaga kualitas benih dan kepuasan konsumen setia kami, hal ini "WAJIB" kami lakukan secara baik dan benar sesuai dengan pengalaman kami. Agar bibit patin yang kami kirim ke konsumen kami dalam kondisi yang sangat prima, sehat, berkualitas dan siap tebar di kolam indoor maupun outdoor. Terima kasih.



Sumber: Pengalaman Pufan Patin Cilangkap






BACA JUGA ARTIKEL INI

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Proses Sortir Ikan Patin
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2016/03/proses-sortir-ikan-patin.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.