PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Ikan Transparan Seperti Kaca

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Sunday, July 31, 2016 0 comments
Nama daerahnya adalah serinding atau Ikan kaca, karena tembus pandang transparan layaknya kaca. Saking transparannya sampai terlihat kerangka dalamnya. Walaupun ada juga yang berbintik hitam tetapi amat samar-samar.

Nama ilmiahnya Chanda ranga (HAMILTON-BUCHANAN, 1822) atau Parambasis ranga (ROBERT, 1994). Nama umum di pasar internasional adalah Glassfish atau Indian Glassfish.
Termasuk dalam familia Chandidae. Ikan ini penyebarannya ada didaerah Sumatera, Malaysia sampai ke Astraulia. Berada di air tawar maupun payau. Ikan kaca berukuran maksimal 7cm. Sirip dan tulang-tulang bergerigi dan gerigi ini lebih berkembang pada yang dewasa daripada yang muda. Badan amat pipih, dengan sirip punggung yang mengarah ke depan dengan jari-jari kemas. sirip ekor bercagak amat dalam.

Mulut agak lebar dan rahang bawah kuat dan runcing. Mata agak besar. Penampungan untuk diekspor mebutuhkan air yang agak alkali dan suhu sekitar 25-28 derajat celcius. Dalam pemeliharaan sekali-kali beri garam sebanyak 3-6 gram/liter. Penggantian air tidak diperlukan banyak, cukup 1/5 bagian asalkan rutin.

Sudah ada yang membudiyakan walaupun masih sedikit. induk betina mulai dapat bertelur umur 4 bulan, sementara yang jantan mulai dewasa dengan sperma aktif setelah berumur 6 bulan. Pasangan dapat dimasukkan dengan perbandingan satu jantan dan dua betina, dalam akuarium yang cukup luas. Untuk akuarium standar dengan ukuran panjang 90 cm dapat dimasukkan 3-6 pasangan. substrat adalah tanaman air. Amat mudah untuk menentukan ikan betina dan jantan karena saking transparannya telurnya akan kelihatan dari luar. Telur yang dikeluarkan didaerah tanaman air akan turun kedasar. induk dapat diserok atau diambil telur sudah banyak keluar semua. Larva akan menetas dalam waktu 1-2 hari, dan akan berenang dalam 3-4 hari. beri pakan dengan kutu air saring yang halus atau Artemia. Setelah agak besar dapat diberi kutu air besar atau cacing sutera.

Ikan kaca sering dijual dengan diberi warna-warni dengan jalan pewarna yang disuntikkan. Sehingga orang jadi terkecoh terlihat warnanya yang menarik. pewarnaan dengan suntikan ini sering pula menjadikan ikan menjadi sakit karena infeksi atau pewarnaannya yang tidak ditoleransi oleh ikan. Oleh kerenanya sebenernya tidak layak untuk membuat ikan ini menjadi warna-warni. Toh dengan yang asli transparan ikan ini cukup cantik dan unik.


sumber : d'fishes 




BACA JUGA ARTIKEL INI

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ikan Transparan Seperti Kaca
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2016/07/ikan-transparan-seperti-kaca.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.