PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Ikan Pari Air Tawar

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Tuesday, August 16, 2016 0 comments
Dunia ikan hias Indonesia memiliki primadona baru yaitu pari air tawar dari genus Potamotrygon. Ikan ini memiliki keindahan yang terletak pada corak batik dipunggungnya.

Corak batik yang khas selain menjadi daya tarik yang dimiliki ikan pari, juga menjadi perbedaan antara jenis pari satu dengan yang lain. jenis yang umumnya diperjual belikan yaitu  Potamotrygon leopaldi, Potamotrygon menchacai, Potamotrygon motoro dan  Potamotrygon henlei. Diantara jenis tersebut yang paling banyak dicari hobiis yaitu P. leopaldi terutama varian black diamond. Varian ini memiliki corak batik yang lebih tegas serta warna tubuh yang lebih hitam pekat. Oleh karena itu leunggulannya tersebut tidaklah heran bila harga jual black diamond paling tinggi diantara pari yang lainnya.


Pari  Potamotrygon berasal dari daerah sungai Amazon, umumnya tersebar pada daerah dekat muara sungai atau estuari. Dihabitat alaminya, penangkapan ikan ini sudah dilarang sebab populasinya semakin menurun dan dikhawatirkan dapat mengalami kepunahan. selain itu, para penyelam yang melakukan penangkapan ikan pari dialam sudah banyak yang menjadi korbanakrena perairan dalam dan berbahaya. Pari yang tersedia di pasaran saat ini merupakan hasil penangkaran atau budidaya terutama dari negara Jepang.

Pemeliharaan ikan pari tidak terlalu sulit karena ikan ini mau menerima pakan berupa udang, cacing tanah dan ikan mas yang mudah dicari ditoko ikan hias. Bahkan dengan giginya yang tajam, ikan pari dapat mematahkan kulit kerang untuk menjadi makanannya. Meskipun pemeliharaannya tidak sulit, namun hobiis yang hendak memelihara ikan pari harus menyediakan sistem filter yang baik sebab hasil sekresi ikan pari mengandung kadar amonia yang tinggi.

Sesuai dengan bentuk tubuhnya yang pipih, pari adalah tipe ikan yang senang berdiam di pasar perairan. Sifatnya ini membuat ia seolah-olah terlihat jinak, walaupun sebenernya ia memiliki potensi untuk menimbulkan bahaya sebab ia memiliki duri yang beracun pada bagian ekornya. Racun yang keluar dari kelenjar di bawah pangkal ekor ini dapat menyebabkan nyeri bahkan mematikan. Bila terjadi kecelakaan, secepatnya harus segara dicabut dan luka cepat dicuci atau direndam air hangat sambil menunggu pertolongan medis. Bagi hobiis yang hendak memelihara ikan ini disarankan untuk ekstra hati-hati. Namun demikian, pari bukanlah tipe ikan yang agresif yang suka menyerang manusia. Duri ekornya hanyalah alat pertahanan diri pada saat ia terdesak. Kecelakaan justru dikhawatirkan terjadi akibat kecerobohan pada saat handling ikan.


sumber:d'fishes


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ikan Pari Air Tawar
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2016/08/ikan-pari-air-tawar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.