PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Kutu Jarum Serang Arowana ( Penyakit Ikan Arowana)

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Thursday, March 9, 2017 0 comments

Kutu Jarum Serang Arowana Akibat Pakan Kurang Higienis

Serangan kutu jarum mungkin awalnya tidak terlalu bahaya buat arowana, tetapi kalau sudah menyerang organ vital bisa berakibat vatal.
Misalnya sudah sampai menyerang insang, tentu akan menggangu proses pernafasannya. Serangan kutu jarum dalam jumlah banyak juga akan membuat ikan tidak nyaman, gatal dan kesakitan.
Serangan kutu yang ekstrem juga akan menyebabkan arowana tidak nafsu makan, alhasil fisiknya akan menjadi sangat menurun hingga beresiko kematian.

Kemungkinan muncul penyakit sekunder seiring dengan serangan kutu jarum. Serangan penyakit sekunder macam bakteri juga bisa menyebabkan kondisi sakit yang lebih parah pada arowana. Serangan kutu jarum akan mengakibatkan luka, bakteri dan penyebab penyakit sekunder lain bisa masuk melalui luka sehingga terjadi infeksi.


Bahkan serangan pada tingkat renadah dari parasit yang dikenal sebagai anchorworm (kutu jangkar), sebenernya sudah cukup menganggu. Secara fisik kutu jarum terlihat menempel pada permukaan tubuh arowana. Selain itu, kondisi sakit akan membuat penampilan arowana menjadi rusak. Warnanya akan memudar (pucat) dan pergerakannya tidak lagi anggun. Serangan kutu jarum pada induk arowana kolam penangkaran bisa menyebabkan kegagalan breeding. Serangan parasit akan membuat induk tidak tahan dan melepaskan terlur yang dierami dimulutnya.

Larutan Demilin
Penanganan kutu jarum sebenarnya tidak terlalu sulit. Pemberian obat yang tepat berdasarkan pengalaman para praktisi, bisa mengatasi secara tuntas. Salah satu obat yang bisa digunakan aromania adalah demilin. Obat antiparasit ini bisa diperoleh di toko-toko ikan. Bubuk demilin dilarutkan sesuai dosis dalam air akuarium karantina (tanpa filter).
Biarkan arowana terendam larutan demilin selama 2-3 hari. Setelah itu ganti air setengah, obat ditambahkan. Dua hari diobati biasanya kutu jarum akan rontok semua.

Perlakuan pengobatan dengan demilin perlu diulangi. Terkadang sampai 3 kali. Tujuan bukan hanya kutu jarum habis sampai ke akar-akarnya, termasuk telur-telurnya. 
Sementara Suwandi menyarankan pengobatan dengan demilin juga dibarengi dengan menaikkan suhu air sehingga lebih efektif. Temperatur air bisa dinaikkan menggunakan heater (alat pemanas) pada suhu 30-31 derajat celcius.
Cara manual juga bisa dilakukan, yakni mencabut kutu jarum yang menancap pada tubuh arowana dengan menggunakan pinset, tentu saja sebelumnya ikan ditenangkan (dibius) menggunakan fish stabilizer. namun metode pencabutan masih beresiko kutu jarum tumbuh lagi. Semisal karena tidak semua bagian tubuhnya tercabut, atau ada telur-telur larva yang masih tertinggal. Makanya banyak praktisi tetap memberikan obat demilin usai mencabut kutu jarum. kombinasi ini terbukti mempercepat proses pembasmian kutu jarum. terutama jika serangannya sudah terlalu banyak.

Tanpa Obat
Ada juga pecinta arowana yang lebih memilih penyembuhan tanpa obat. Karena ingin meminimalkan penggunaan obat-obatan. Selain dicabut, kutu ikan bisa ditumpas menggunakan ikan pemakan parasit. Salah satu jenis ikan yang bisa digunakan adalah ikan manvis. Ikan berbodi tipis dan tinggi ini juga sering digunakan sebagai  tank mate (ikan pendamping) dalam akuarium arowana. Meskipun beberapa praktisi masih meragukan efektifitas pemakaian manvis untuk membasmi kutu jarum.

Ikan sumatera (sumatera barb/tiger barb) bisa dimasukkan kedalam akuarium arowana agar mereka memakan kutu yang menancap ditubuh arowana. Meskipun ada juga pendapat yang menyebutkan kesembuhan arowana sebenarnya terjadi karena kutu jarum yang menyarang arowana bermigrasi ke tubuh ikan bernama latin puntius tetrazone. Efektifitas pemakaian "obat hidup" itu memang tak sehebat obat kimia. prosesnya bisa berlangsung hingga 2-3 kali lipat dibanding dengan penanganan dengan melibatkan obat kimia.

Pengobatan kutu jarum memang tidak terlalu sulit. Akan tetapi pencegahan serangan manjadi langkah paling baik. Kutu jarum adalah parasit yang datang dari luar selain bawaan  dari kolam, bisa juga datang dari makanan yang diberikan. kutu jarum banyak berasal dari jenis ikan mas
Hati-hati memberikan ikan mas sebagai makanan. Kalau kasih udang sebaiknya juga dikarantina dulu, paling bagus dibekukan. kalau jangkrik relatif aman. banyak akal untuk menghindari kutu jarum.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kutu Jarum Serang Arowana ( Penyakit Ikan Arowana)
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2017/03/kutu-jarum-serang-arowana-penyakit-ikan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.