PUFAN PATIN CILANGKAP

PUFAN PATIN CILANGKAP
PUSAT BUDIDAYA DAN JUAL BELI IKAN PATIN DI JAKARTA

Sejarah MASKOKI

Posted by PUFAN PATIN CILANGKAP Thursday, March 9, 2017 0 comments

Sebelum membicarakan lebih jauh membicarakan budidaya, alangkah baiknya mengulas dahulu mengenai sejarah maskoki yang cukup menarik. Berdasarkan asal mulanya, ikan hias yang ada di indonesia yang merupakan keturunan dari nenek moyangnya. Golongan kedua adalah ikan hias yang sengaja didatangkan dari luar negeri ke indonesia untuk memenuhi tujuan tertentu dan telah mampu hidup maupun berkembang biak di negara kita. Golongan terkahir adalah ikan hias yang merupakan hasil persilangan dari jenis ikan yang telah ada dan menghasilkan jenis ikan yang baru.

Menurut catatan beberapa pakar perikanan, jumlah ikan hias asli yang mempunyai nilai ekonomis dan telah berhasil di budidayakan mencapai sekitar 60 spesies. Diantaranya yang termasuk populer adalah ikan macan, belasak, sumatera, cupang, sepat reli, sepat biru dan ikan marbel. Sedangkan jenis ikan lainnya didatangkan dari luar diantaranya adalah ikan paradise, adu siam, ambasis, manfish, rabiosa, zebra dan maskoki beserta jenis-jenis turunannya.

Mengenai asal-usul maskoki sendiri ada pendapat yang menyatakan bahwa maskoki pertama kali diternakkan oleh masyarakat Cina antara tahun 960-1279 dengan nama latinnya catassius auratus. Pada masa itu bentuk maskoki tidak berbeda dengan ikan mas (Cyprinus carpio) yang banyak diternakkan oleh petani ikan di negara kita. Perbedaanya, C. Auratus tidak mempunyai misai dan warna tubuhnya seperti emas. Popularitas maskoki mulai menanjak pada masa pemerintahan dinasti Ming (1386-1644), karena sejak saat itu dimulai bermunculan maskoki dengan bentuk tubuh yang unik dan banyak dijual di negara lain, terutama dijepang. Di negara matahari terbit inilah maskoki mangalami perkembangan yang pesat sehingga diperoleh bermacam-macam bentuk yang lebih bervariasi seperti yang terdapat pada saat ini dan di negara sakura ini pula maskoki mulai tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Beberapa model maskoki yang telah dikenal dan digemari oleh masyarakat adalah :
  • Ras Bulldog (dengan mata yang melotot)
  • Spencer (dengan jambul dikepala dan warna sisik yang menarik)
  • Mutiara ( dengan tubuh seperti bola tenis yang bertotol-totol berkilauan sehingga menyerupai muutiara)
  • lion head ( dengan wajah yang agak menyerupai singa)
  • red head ( dengan bintik merah digaian kepala)
  • buble eyes (dengan selaput mata yang agak menggelembung seperti balon)
  • veil tail (dengan sirip punggung dan ekor yang agak panjang berumbai)
selain itu masih banyak lagi model mas koki yang lainnya.
Maskoki, selain itu mempunya bentuk yang beragam, juga memiliki warna kulit yang bervariasi mulai dari merah, kuning, hijau, hitam sampai ke perak-perakan. Warna tubuh mas koki menentukan keindahan ikan hias tersebut sehingga sering dijadikan sebagai salah satu komponen penting dalam proses seleksi kualitas maskoki. Warna tubuh maskoki ada yang terdiri dari atas satu macam warna saja dan ada pula yang merupakan gabungan dari beberapa warna. 

Sejak ratusan tahun yang lalu, maskoki yang sering dijuluki gold fish atau golden fish telah dikenal orang sebagai ikan hias yang sangat indah. pada masa itu keindahan warna dan keanekaragaman bentuk tubuh maskoki telah dikenal oleh bangsa Eropa. Berdasarkan catatan sejarah yang ada, dikatakan bahwa pada sekitar tahun 1755, seorang Raja Prancis bernama Louis XV telah diberikan maskoki yang sangat indah kepada salah seorang rekannya. Hal ini berarti maskoki yang pada saat itu telah dikenal dianggap sebagai ikan hias yang sangat berharga dan mempunyai kedudukan terhormat diantara berbagai jenia ikan hias, sehingga mampu menembus lingkungan kerajaan.






TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah MASKOKI
Ditulis oleh PUFAN PATIN CILANGKAP
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.pufanpatincilangkap.com/2017/03/sejarah-maskoki.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Copyright @ JUAL BIBIT IKAN PATIN BERKUALITAS.